Sudah Memasuki Hari ke 5 Tugas Pelipatan Surat Suara KPU Kuansing Belum Juga Tuntas.

TELUKKUANTAN (KuansingKita) – Pelipatan surat suara pemilu legislatif dan pilpres di KPU Kuansing sudah dimulai sejak Minggu (17/3/2109) lalu. Namun sampai memasuki hari ke 5 atau Kamis (21/3/2019) tugas pelipatan belum juga tuntas.
Kepala Bagian Umum Sekretariat KPU Kuansing Alfirdaus kepada KuansingKita, Kamis (21/3/2109) mengungkapkan perekrutan petugas pelipatan teridiri dari 4 kelompok. Masing-masing kelompok sedikitnya mempunyai 50 anggota kelompok. “ Tenaga yang direkrut lebih 200 orang,” kata Alfirdaus
Kendati begitu, pada tugas Kamis (21/3/2019) petugas pelipatan yang hadir hanya 191 orang. Sehingga diperkirakan tugas pelipatan tidak akan tuntas pada Kamis ini. Bahkan jika Jumat besok petugas pelipatan masih banyak yang tidak hadir dikhawatirkan waktu penuntasan pelipatan surat suara masih akan terulur.
Menurut Alfirdaus selama beberapa hari terakhir, memang tidak semua petugas yang direkrut hadir. Setiap hari katanya petugas yang hadir berkurang. Namun demikian jumlah petugas yang tidak hadir tidak terlalu signifikan atau tuidak mengganggu tugas pelipatan.
Saat ditanya tentang upah atau insentif untuk masing-masing petugas pelipatan, Alfirdaus mengatakan upahnya Rp 95 per lembar surat suara. Pembayarannya dihitung per kelompok. Pasalnya tugas pelipatan surat suara diberikan per kelompok sesuai dengan jumlah anggota kelompok yang hadir.
Berdasarkan pengamatan KuansingKita di ruangan pelipatan surat suara di Gedung Kesenian Nerosa, Telukkuantan sebagian besar petugas pelipatan terlihat  wanita yang sudah berumah tangga. Namun demikian, diantara petugas ada juga terlihat kelompok pria dan wanita belia dalam jumlah yang kecil..
Dalam bekerja, petugas pelipatan surat suara diawasi oleh petugas pengawas dan pengawalan polisi. Mereka tampak bekerja dengan tekun menyelesaikan tugas pelipatan 1.150.892 lembar surat suara untuk Pileg di semua tingkatan, DPD dan Pilpres.
Alfi mengatakan tugas pelipatan surat suara selambatnya tuntas Jumat (22/3/2019). Sehingga pekan depan, KPU tidak lagi memikirkan tugas-tugas pelipatan surat suara. “ Selambatnya pelipatan surat suara Jumat sudah tuntas,” kata Alfirdaus.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...