Febri Mahmud Dt Malakewi Terpilih Sebagai Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kuantan Singingi

Febri Mahmud Dt Malakewi
TELUKKUANTAN (KuansingKuta) – Febri Mahmud Dt Malakewi terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Kuantan Singingi masa bhakti 2019-2024. Febri Mahmud terpilih dalam rapat pleno LAMR Provinsi Riau dan LAMR Kuantan Singingi di Balai Adat Melayu Jalan Diponegoro Pekanbaru, Kamis (4/7/2019) malam.
Rapat pleno yang dibuka langsung oleh Ketua DPH LAMR Provinsi Riau, Datuk Sri Syahril Abubakar dihadiri juga oleh sejumlah pengurus LAMR Provinsi Riau. Selain itu hadir pula Ketua LAMR Kecamatan se Kabupaten Kuantan Singingi. Bahkan beberapa orang Ketua LAMR tingkat Kecamatan Kabupaten Kuantan Singingi terpilih sebagai anggota pleno.
Rapat pleno yang digelar Kamis malam di Pekanbaru diawali dengan rapat konsultasi LAMR Provinsi Riau dan LAMR Kuantan Singingi. Rapat konsultasi membahas kemelut dan dinamika dalam tubuh LAMR Kuantan Singingi yang selama satu tahun sejak Musda 2018 lalu LAMR Kuantan Singingi tidak memiliki ketua defenitif. Sehingga dalam rapat juga dievaluasi hasil Musda LAMR Kuantan Singingi tahun 2018.
Dalam rapat konsultasi, berdasarkan AD/ART, disepakati LAMR Kuantan Singingi sudah seharusnya memiliki ketua defenitif. Untuk itu, rapat konsultasi ditingkatkan menjadi rapat pleno. Untuk rapat pleno, terpilih Nasir Panyalai  (Sekretaris Umum DPH LAMR Provinsi Riau) sebagai Ketua, Yusman Hakim (Plt Ketua LAMR Kuntan Singingi) sebagai Sekretaris.
Sedangkan anggota pleno dipilih dari pengurus LAMR Provinsi Riau seperti Anton Surya Atmaja, serta beberapa orang ketua kecamatan LAMR Kuansing. Anggota pleno dari Kuantan Singingi masing-masing M.Nasir Datuk Laksamano ( LAMR Kecamatan Singingi) dan Suherman Datuk Penghulu Sutan (LAMR Kecamatan Benai).

Dalam rapat pleno berdasarkan musyawarah mufakat dipilih Febri Mahmud Datuak Malakewi sebagai Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAMR Kuantan Singingi. Pleno memberikan tugas untuk Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kuansing agar segera menyusun pengurus LAMR Kuantan Singingi priode 2019-2024. Selambatnya 14 hari setelah keputusan pleno.
Febri Mahmud kepada KuansingKita mengungkapkan dirinya dengan ikhlas menerima kepercayaan dan amanah yang diberikan para datuk ketua LAMR kecamatan se Kabupaten Kuantan Singingi untuk memimpin LAMR Kuantan Singingi priode 2019-2024. Namun demikian, Febri juga berharap para datuk  dan masyarakat memberikan saran dan masukan untuk kejayaan LAMR Kuansing kedepan.
Maklum saja kata Febri, umur belum setahun jagung, darah belum setampuk pinang sehingga dirinya merasa masih relatif muda untuk menerima amanah memimpin lembaga adat. Kendati begitu Febri juga yakin asal saja semuanya saling bahu membahu. “ Kok borek samo dipikual, kok ringan samo dijinjiang, kok kususik samo menyolosaikan, kok koruah samo menjoniahkan, sedonciang bak bosi seciok bak ayam,” kata Febri
Dalam memajukan LAMR Kuansing Febri juga meminta kepada masyarakat dan para pemuka adat untuk tidak meninggalkan filosofi Kuansing seperti ka bukik samo mandaki ka lurah samo manurun, tadorong jojak manurun, tatukiak jojak mandaki, adat jo syarak kok tasusun, bumi sonang padi manjadi. Apalagi katanya LAMR merupakan wadah tempat berhimpun masyarakat adat dan nilai sosial budaya yang akan menjadi pendukung utama dalam mendorong kemajuan adat dan budaya melayu. (kkc)
Foto Istimewa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...