Dugaan Pencemaran Sungai Teso Masih Dalam Proses Uji Labor

TELUKKUANTAN (KuansingKita.com) – Dugaan pencemaran yang dilakukan PT Citra Riau Sarana sehingga berdampak pada perubahan warna air Sungai Teso, Kecamatan Logas Tanah Darat, pada Rabu pekan lampau, kini masih dalam proses uji labor.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jeprinaldi kepada KuansingKita.com Jumat (21/4/2017) mengatakan Dinas Lingkungan Hidup sudah mengambil sampel air Sungai Teso di beberapa titik. Kini katanya sampel itu sudah dikirimkan ke Pekanbaru untuk uji labor.

Jeprinaldi tidak bisa memastikan secara tepat kapan hasil uji labor bisa diterima. Namun demikian Ia menyatakan hasil uji labor akan keluar secepatnya. Bisa jadi katanya pada pekan depan. “ Bisa jadi pekan depan sudah bisa didapatkan hasil uji labor,” kata Jeprinaldi

Saat ditanya tentang tindakan apa yang akan dilakukan setelah hasil uji labor. Menjawab ini Jeprinladi mengatakan Dinas Lingkungan Hidup hanya menindaklanjuti hasil uji labor. “ Tergantung dari hasil uji labor nanti,”katanya

Ia menambahkan, jika hasil uji labor menyatakan positif terjadi pencemaran lewat sejumlah parameter yang melebihi ambang batas, maka Dinas Lingkungan HGidup akan mengambil tindakan sesuai aturan yang berlaku.

Namun demikian katanya, jika hasil uji labor menyakan negatif atau tidak terjadi pencemaran karena tidak ada parameter yang melebihi ambang batas, Dinas Lingkungan Hidup tidak bisa memberikan tindakan atau sanksi kepada pihak perusahaan.

Dugaan pencemaran air Sungai Teso bermula dari informasi yang disampaikan anggota DPRD Kuansing Solehudin kepada media massa. Ia mengatakan telah terjadi perubahan warna air Sungai Teso menjadi hitam pekat.

Solehudin menduga perubahan warna air Sungai Teso ini disebabkan pencemaran yang dilakukan limbah kilang sawit PT CRS. Solehudin menduga ini karena kilang sawit PT CRS berada di hulu Sungai Teso tepatnya di kawasan Desa Muara Langsat.

“Sejak pagi hingga saat ini, air sungai masih berwarna hitam pekat,” ujar Solehudin, Rabu pekan lampau seperti dikutip GoRiau.com.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jeprinaldi juga mengakui kalau Solehudin juga telah menyampaikan informasi ini kepada pihaknya. Karena itu kata Jeprinaldi Dinas Lingkungan Hidup mengambil sampel untuk dilakukan uji labor. “ Kini tinggal menunggu hasil uji labor,” tutupnya (kkc)

Foto : Air Sungai Teso yang berubah warna menjadi hitam pekat

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...