Taliban Terapkan Syariat Islam dalam Pemerintahan Islamic Emirat of Afghanistan.

TELUKKUANTAN (KuansingKita) – Pemimpin tertinggi Taliban, Haibatullah Akhundzada mengatakan pemerintahan baru Afghanistan akan menerapkan syariat Islam.
Dia memastikan dalam pemerintahan baru yang diberi  nama Islamic Emirat Afghanistan, pejabat negara mendukung dan sepakat akan menegakkan syariat islam.
“Saya meyakinkan kepada seluruh warga negara bahwa para tokoh pemerintahan akan bekerja keras menerapkan aturan dan syariah Islam di negara ini,” tutur Hibatullah Akhundzada mengutip AFP.
Sementra itu, Pakistan mengusulkan mengundang pemerintah Afghanistan yang saat ini dipimpin Taliban. Undangan itu untuk mengikuti forum regional enam negara Asia Selatan dan Asia Tengah.
Usulan Pakistan ini disampaikan Menlu Pakistan Shah Mehmood Qureshi dalam konferensi virtual yang dihadiri beberapa negara tetangga Pakistan, yakni Cina, Tajikistan, Uzbekistan, Iran dan Turkmenistan.
Dalam konferensi virtual itu, Shah Mehmood Qureshi menuturkan usulan Islamabad ini demi membantu pencegahan krisis kemanusiaan dan ekonomi di Afghanistan.
Kecemasan yang sama juga diungkapkan PBB. Organisasi negara sedunia ini cemas dengan hak yang dimiliki perempuan dalam pemerintahan baru Afghanistan yang dibentuk Taliban.
Terlebih, dalam pemerintahan baru Taliban yang diberi nama Islamic Emirate Afghanistan belum ada anggota kabinet dari kalangan perempuan.
Masih mengutip AFP, perwakilan PBB Alison Davidian mengatakan Taliban telah menyia-nyiakan kesempatan penting untuk menunjukkan pada dunia internasional bahwa mereka menghormati hak-hak perempuan dalam politik.
Davidian khawatir perempuan di Afghanistan benar-benar terkungkung selama Taliban memimpin pemerintahan. Dia mengaku sejauh ini mendapat banyak laporan akan hal itu.
Laporan itu mulai dari pelarangan keluar rumah tanpa pasangan atau anggota keluarga laki-laki, hingga pemberhentian dari pekerjaannya. Davidian cemas itu bakal terus terjadi. (smh)
Foto : Kabinet baru Taliban (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...