Pemkab Rencanakan Beri Sagu Hati untuk Pemilik Kios Pasar Bawah

TELUKKUANTAN (KuansingKita.com) – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi berencana akan memberikan sagu hati kepada pemilik kios Pasar Bawah, Telukkuantan.
Sagu hati ini diberikan agar pemilik kios bersedia meninggalkan bangunan mereka karena lokasi ini akan didirikan bangunan dua tingkat untuk parkir serta pusat oleh-oleh dan kuliner.
Wakil Bupati Kuantan Singingi H.Halim ketika ditemui KuansingKita.com di ruang kerjanya, Senin (22/1/2018) mengatakan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi merasa perlu membangun fasilitas untuk menunjang event pacu jalur.
Fasilitas dimaksud diantaranya areal parkir yang luas serta pusat oleh-oleh dan kuliner. Lokasinya kata H. Halim harus didekat arena pacu jalur. Karena itu, Pemkab Kuansing berencana membangun fasilitas ini di lokasi Pasar Bawah, Telukkuantan.
Menurut H.Halim fasilitas ini akan dibangun dua tingkat. Arena parkir ditempatkan di bangunan lantai bawah, sedangkan pusat oleh-oleh dan kuliner di bangunan lantai atas. Di sepanjang sisi bangunan nanti akan dibangun kios.
H.Halim yakin pemilik kios Pasar Bawah tidak akan keberatan. Pasalnya keluarganya sendiri juga termasuk pemilik kios Pasar Bawah. Dan lagi lokasi Pasar Bawah juga termasuk dalam lahan milik Pemkab Kuansing.
Menurut H.Halim semua kawasan pasar Taluk itu berada di lahan milik Pemkab Kuansing. Asetnya sudah diserahkan Pemkab Inhu ke Kuansing. Kini tinggal menuntaskan proses administrasi di pemerintah pusat.
“ Seluruh lahan pasar itu milik Pemkab Kuansing. Luasnya sekitar 4,5 hektar. Bangunan itu hanya menggunakan akte hak pakai atau hak guna bangunan,” beber H.Halim.
Saat ditanya sudah sejauh mana proses yang dilewati, H Halim mengatakan ini baru sebatas rencana. Namun demikian, Ia menegaskan kalau Pemkab Kuansing sudah mempersiapkan denah bangunan. “ Kalau nanti anggarannya tersedia bisa direalisasikan. Jadi perlu dukungan semua pihak,” kata H.Halim
Menurut H. Halim kalau dana daerah nanti tidak ada, pihaknya akan berupaya meloby pemerintah pusat. H Halim yakin jika nanti lobynya baik pemerintah pusat akan mendukung. Pasalnya event pacu jalur mendapatkan anugerah API 2017.
“ Pacu jalur kan sudah terpilih sebagai objek wisata budaya terbaik di tingkat nasional. Jadi pemerintah pusat tidak akan keberatan  memberikan bantuan dana. Kini tinggal kita melobynya,” pungkas H.Halim (Said Mustafa Husin)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...