Helmina Kalah Setipis Kulit Bawang Hari Pertama, Laga Menarik Tuah Inayan vs Bintang Emas Hari Kedua

TELUKKUANTAN (KuansingKita) – Seperti diprediksi KuansingKita, partai Panglimo Olang Putie dari Desa Sungai Alah, Kecamatan Hulu Kuantan melawan Sang Ratu Helmina dari Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan akan menjadi partai paling menarik pada hari pertama pacu jalur “Ajang Uji Coba” di gelanggang Tepian Teluk Bayur, Desa Pasar Gunung, Kecamatan Gunung Toar, Kamis (11/7/2019)
Nyatanya memang demikian. Sejak awal tak henti-hentinya Sang Ratu Helmina memimpin di depan, bahkan sampai 10 meter menjelang finish Sang Ratu Helmina masih tetap memimpin. Namun malang, dalam rentang yang pendek itu, Panglimo Olang Putie terus mempersempit jarak tinggalnya. Hasilnya, saat memasuki pancang finish, jalur dari Desa Sungai Alah ini memimpin sedikit saja di depan.
“ Setipis kulit bawang,” kata komentator Darwis yang berada di tribun finish saat mengomentari hasil laga Panglimo Olang Putie melawan Sang Ratu Helmina.
Hasil ini benar-benar di luar dugaan sehingga banyak penonton tertegun. Pasalnya saat akan memasuki pancang 5, Sang Ratu Helmina masih memimpin dengan selisih jarak haluan sekitar 2 meter. Kondisi itu bertahan terus sampai mendekati pancang finish Sang Ratu Helmina masih berada di depan. Sekitar 10 meter menjelang finish, Panglimo Olang Putie bergerak melesat laju ke depan, akhirnya lebih dulu menjangkau pancang finish.
Seperti ulasan sebelum ini, jalur Sang Ratu Helmina adalah jalur yang baru dibuat tahun ini, sehingga kecepatannya sangat tergantung dari power atau kekuatan para atlet dayung. Kalau melihat laga kemarin, atlet Sang Ratu Helmina tampaknya lebih terlatih dari atlet Panglimo Olang Putie. Hanya saja, atlet Sang Ratu Helmina tidak memiliki endurance atau daya tahan yang baik sehingga tidak mampu menjaga power atau kekuatan sampai pancang finish.

Sementara Panglimo Olang Putie adalah jalur papan atas di gelanggang Tepian Nerosa Telukkuantan. Jalur ini lebih tua usianya dari sang Ratu Helmina yang baru “turun mandi”. Ini memberikan banyak keuntungan. Jalur Panglimo Olang Putie tidak terlalu berat untuk dipacukan. Sehingga atlet tak perlu sampai berkuras tenaga untuk menjangkau pancang finish. Inilah beda kedua jalur ini.
“ Kami sudah belajar banyak dari pacu melawan Olang Putie. Kekurangan itu akan kami benahi dalam beberapa minggu ini. Tunggu saja kami di gelanggang Tepian Nerosa,” kata Panitia Jalur Sang Ratu Helmina, Hendrianto kepada KuansingKita.
Partai lain yang menarik dalam pacu hari pertama di gelanggang Tepian Teluk Bayur adalah laga Dubalang Putih Pati Soni dari Desa Sangau, Kecamatan Kuantan Mudik melawan Tapak Tigo Tumpuan Negori dari Desa Pasar Benai, Kecamatan Benai. Kedua jalur yang berpacu pada urutan 2 hari pertama ini juga berebut memasuki pancang finish. Hasilnya dimenangkan oleh jalur Tapak Tigo Tumpuan Negori dari Pasar Benai, Kecamatan Benai.
Untuk hari kedua, Jumat (12/7/2019) ada dua partai yang dipastikan sangat menarik untuk disaksikan. Masing-masing partai Delima Indah Permata Kuantan dari Desa Saik. Kecamatan Kuantan Mudik di jalan kiri melawan Singa Kuantan dari Desa Sungai Pinang, Kecamatan Hulu Kuantan di jalan kanan. Keduanya berpacu pada urutan ke 8. Lainnya adalah Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Desa Pulau Aro, Kecamatan Kuantan Tengah melawan Bintang Emas Cahaya Intan dari Desa Tanjung, Kecamatan Hulu Kuantan.
Tuah Inayan Mandulang Untuang akan berpacu di jalan kiri, sedangkan Bintang Emas berpacu di jalan kanan. Kedua jalur ini akan berpacu pada urutan ke 11. Pada hari pertama Tuah Inayan Mandulang Untuang sudah mengukir prestasi yang baik. Jalur dari Dusun Teratak Padang, Pulau Aro ini mampu mengalahkan Tuah Koghi dari Desa Pintu Gobang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah. Jalur papan atas Tuah Koghi tercecer lebih dari 5 meter di belakang saat Tuah Inayan sudah memasuki finish. Lantas bagaimana kira-kira hasil Tuah Inayan melawan Bintang Emas nanti, saksikan siang ini di Tepian Teluk Bayur.(kkc)
Panglimo Olang Putie vs Sang Ratu Helmina (Foto Istimewa )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...