Saksikan Laga Seru Pacu Jalur Rayon III di Gelanggang Tepian Pantai, Lubuk Terentang, Kamis Esok

TELUKKUANTAN (KuansingKita) – Pacu jalur Rayon III yang digelar di gelanggang Tepian Pantai, Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar, Kuansing akan berlangsung selama 3 hari dimulai Kamis (25/7/2019) hingga Sabtu (27/7/2019)
Dari 60 peserta yang telah melakukan pencabutan undian Rabu (24/7/2019) sore tadi, tampaknya jalur-jalur papan atas di kawasan mudik, melangkah aman di hari pertama. Artinya jalur papan atas seperti Panglimo Olang Putieh, jika tak ada aral rintangan berpeluang lolos ke hari kedua.
Kendati begitu, berdasarkan undian aduan jalur, tentu masih saja ada laga seru di hari pertama. Misalnya laga Batu Lompatan Harimau Kompe dari Desa Kinali, Kecamatan Kuantan Mudik melawan Kahulu Jantan Danau Kompe dari Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai
Kedua jalur ini akan berpacu pada urutan kedua. Batu Lompatan Harimau Kompe di jalan kiri akan berpacu melawan Kahulu Jantan Danau Kompe di jalan kanan. Hasil pacu urutan kedua ini memang sulit ditebak sehingga ini dipastikan akan menjadi tontonan menarik.
Urutan ke 7 juga diyakni akan menyajikan tontonan menarik. Siluman Buaya Danau dari Desa Sitorajo Kari, Kecamatan Kuantan Tengah di jalan kiri akan berpacu melawan Suluh Bendang Dalam Nagori dari Desa Titian Modang, Kopah di jalan kanan. Konon Suluh Bendang akan dipacukan atlit pilihan Kopah.
Laga lainnya yang menarik akan disajikan pada urutan ke 10 yakni Tuah Koghi Dubalang Ghajo dari Desa Pintu Gobang Kari, Kuantan Tengah di jalan kiri akan berpacu melawan Panglimo Sati dari Desa Toar, Kecamatan Gunung Toar di jalan kanan.

Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Desa Pulau Aro, Kecamatan Kuantan Tengah melawan Sembilan Langkah dari Desa Banjar Benai, Kecamatan Benai juga bakal menyajikan laga seru. Kedua jalur ini berpacu pada urutan ke 26. Tuah Inyan di jalan kiri, Sembilan Langkah di jalan kanan.
Sambutan Ketua Panitia
Dalam sambutannya pada rangkaian acara pencabutan undian, ketua panitia pacu jalur Rayon III, Sardiyono mengatakan tahun ini pacu jalur Rayon III memang digelar di gelanggang Tepian Pantai, Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar
Namun pacu jalur Rayon III merupakan ajang yang dilaksanakan secara bergantian oleh sejumlah kecamatan di kawasan mudik seperti Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Kuantan Mudik dan Kecamatan Hulu Kuantan.
Untuk itu Sardiyono mengimbau jalur-jalur dari kecamatan di kawasan mudik haruslah bersikap sebagai tuan rumah yang baik. Sikap itu bukan saja sebatas menghormati undangan tapi juga harus mampu menjadi contoh dan teladan dalam menjaga kebersihan.
Tahun ini kata Sardiyono panitia juga telah mempersiapkan tong sampah yang ditempatkan di sejumlah titik di sepanjang gelanggang. Artinya pengunjung dan anak pacu tidak dibenarkan lagi membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke Sungai Kuantan.
“ Jadikanlah budaya pacu jalur sebagai budaya peduli lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan,” ujar Saridyono saat menyampaikan pesan pada acara pencabutan undian. (kkc)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...