Ngiang Kuantan dari Gunung Toar Sabet Mahkota Juara Lubuak Sobae

BASERAH (KuansingKita.com) – Jalur Ngiang Kuantan dari Desa Kampung Baru, Kecamatan Gunung Toar berhasil menyabet mahkota juara dalam ajang Pacu Jalur Rayon III 2017. Ajang ini digelar di gelanggang pacu jalur Lubuak Sobae, Baserah Kecamatan Kuantan Hilir.
Jalur Ngiang Kuantan merebut posisi teratas di gelanggang Lubuk Sobae tahun 2017 ini setelah dalam babak grand final menaklukkan jalur Merangin Montiak Tuah Lipai dari Desa Sikakak, Kecamatan Cerenti.
Pacu jalur rayon III di gelanggang Lubuak Sobae Baserah digelar selama tiga hari sejak Kamis (20/7/2017) hingga Sabtu (22/7/2017). Ajang ini diikuti 81 jalur dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Inderagiri Hulu.
Banyak kejutan yang terjadi dalam pacu jalur rayon III 2017. Jalur Siposan Rimbo dari Desa Pauh Angik, Kecamatan Pangean yang menyandang gelar juara dalam ajang pacu jalur Tepian Nerosa Telukkuantan tahun 2016 lalu gagal melaju ke babak final.
Jalur Siposan Rimbo dipaksa menggulung kajang oleh rekannya satu kecamatan yakni jalur Linggar Jati dari Desa Pulau Kumpai, Kecamatan Pangean. Jalur Siposan Rimbo kembali dengan tangan kosong ke Desa Pauh Angik pada hari kedua.
Kehebatan jalur Linggar Jati yang menaklukkan Siposan Rimbo sempat menjadi perbincangan pengunjung pacu jalur Lubuak Sobae. Bahkan banyak pengunjung memprediksikan jalur Linggar Jati akan berhasil merebut mahkota juara.
“Saya mulanya memang sangat yakin Linggar Jati akan berhasil jadi juara,” kata Hendra, warga Baserah saat dihubungi KuansingKita.com
Namun prediksi yang berkembang ternyata salah. Pada hari ketiga putaran kedua, jalur Linggar Jati ditaklukkan jalur Raja Laut, dari Desa Sungai Sorik, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang. Prediksi pengunjung tentang siapa bakal juara semakin membuncah.
Apalagi tiga jalur dari tiga kecamatan berbeda yang berpeluang menjadi juara memiliki kemampuan berimbang. Tiga jalur itu masing-masing Raja Laut dari Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Ngiang Kuantan dari Kecamatan Gunung Toar dan Merangin Montiak Tuah Lipai dari Kecamatan Cerenti.
Dalam babak grand final yang berlangsung segi tiga ini, Jalur Ngiang Kuantan dari Kecamatan Gunung Toar mendapatkan undian “Menang Menunggu”. Sedangkan jalur Raja Laut dari Kuantan Hilir Seberang berpacu melawan jalur Merangin Montiak dari Cerenti. Hasilnya dimenangkan jalur Merangin Montiak dari Cerenti. Jalur Raja Laut pun gagal menjadi juara.
Prediksi juara akhirnya beralih ke Merangin Montiak dan Ngiang Kuantan. Dalam laga paling bergengsi di ajang pacu jalur rayon III 2017, jalur Ngiang Kuantan berpacu melawan jalur Merangin Montiak.Ngiang Kuantan jalan kanan dan Merangin Montiak jalan kiri.
Kendati laga ini berlangsung dalam temaram senja. Namun suara hiruk pikuk terus membahana di sepanjang gelanggang. Apalagi sejak pancang start haluan kedua jalur terlihat berimbang. Bahkan ketika memasuki finish haluan kedua jalur tidak berselisih jauh.
Namun berdasarkan keputusan dewan hakim, jalur Ngiang Kuantan dari Desa Kampung Baru, Kecamatan Gunung Toar dinyatakan sebagai pemenang. Atas keputusan itu, jalur Ngiang Kuantan dinyatakan sebagai juara pacu jalur rayon III tahun 2017. Ngiang Kuantan berhasil kembali mengukir prestasi yang pernah diraihnya di gelanggang yang sama pada 2012 lalu. Bravo Ngiang Kuantan.
Hasil Pacu Jalur Rayon III 2017 di Gelanggang Lubuak Sobae, Baserah
No
Nama Jalur
Desa/Kecamatan
Peringkat
1
Ngiang Kuantan
Kmpung Baru – GTR
Pertama
2
Merangin Montiak Tuah Lipai
Sikakak- CRT
Dua
3
Raja Laut
Sungai Soriak – KHS
Tiga
4
Bujang Gaga Lingkuangan Nago
Pl Panjang-CRT
Empat
5
Linggar Jati
Pl Kumpai-PGN
Lima
6
Batu Hijau Tuah Negeri
Batu Rijal – INHU
Enam
7
Kahulu Jantan Danau Kompe
Benai Kecil –BNI
Tujuh
8
Duri Bingkuang Rawang Panjang
Pl Kedundung – KT
Delapan
9
Gagak Itom Sungai Petapusan
Banuaran –KH
Sembilan
10
Putri Kumayang Linduang Daun
Pl Ingu- BNI
Sepuluh
11
Datuak Panglimo Hitam Negeri 9
Selunak- INHU
Sebelas
Sumber data : IPJKS
FOTO : Husni Pangiano Jr
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...