“Congratulation,Congratulation” Jokowi Mendapat Ucapan Selamat dari Kepala Negara G20 di Osaka, Jepang Siang Tadi

TELUKKUANTAN (KuansingKita) – “ Congratulation,congratulation”, bergantian para pemimpin negara ekonomi utama yang menghadiri KTT G20 di Osaka, Jepang  mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas kemenangannya dalam Pemilihan Umum Presiden 2019.
Ucapan selamat itu dilontarkan di sela perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, pada Jumat (28/6/2019) tadi.
CNN Indonesia melansir, hampir semua pemimpin yang bertemu mengucapkan “congratulation”, termasuk Presiden Amerika Serikat, Donald Trump; Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan; Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau; dan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison.
Ucapan “congratulation” juga datang dari pimpinan negara di kawasan Eropa, seperti Perdana Menteri Inggris Theresa May, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, dan Presiden Spanyol Pedrosan Chez.
Selain itu, pemimpin negara di kawasan Asia, yaitu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, dan Perdana Menteri India Narendra Modi juga mengucapkan “congratulation”
Tak hanya itu, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut juga mendapat ucapan selamat dari Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Christine Lagarde dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa Antonio Guterres.
“Congratulation, congratulation ” ucapan selamat dari para kepala negara dan delegasi juga disampaikan ketika Presiden Jokowi menunggu sesi pembukaan dan foto keluarga para tamu serta ketika Jokowi hendak mengikuti sejumlah sesi diskusi di forum KTT G20.

Apa itu negara G20. Bermula pada 1998, krisis keuangan yang terjadi di kawasan Asia berdampak pada stabilitas makroekonomi dunia. Kala itu, organisasi tujuh negara ekonomi maju atau dikenal sebagai G7 dinilai gagal mencari solusi untuk meredam krisis ekonomi global.
Kekecewaan komunitas internasional terhadap G7 melahirkan aksi lanjutan. Saat itu, negara-negara berpendapatan menengah dan memiliki pengaruh ekonomi sistemik diikutsertakan dalam perundingan internasional guna mencari solusi permasalahan ekonomi global.
Pada akhirnya, perundingan tersebut menjadi cikal bakal lahirnya organisasi Group of Twenty (G20) pada tahun 1999. G20 merupakan kelompok 20 ekonomi utama yang terdiri dari 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropah.
Sejumlah negara yang termasuk dalam anggota G20 antara lain, negara kita Indonesia, Amerika Serikat, Argentina, Brasil, Australia, Kanada, Meksiko, dan Turki.
Selain itu, Korea Selatan, Jepang, China, Jerman, Inggris, India, Arab Saudi, Afrika Selatan, Italia, Perancis, Rusia, dan satu organisasi regional yaitu Uni Eropa.(kkc)
(Foto AFP/Ludovis Marln)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...