Tahun Ini Dinas Pertanian Kembali Alokasikan Bantuan Bibit Sawit Untuk Petani

TELUKKUANTAN (KuansingKita.com) – Para petani Kuansing yang tengah menunggu bantuan bibit sawit dari pemerintah kini bisa berlega hati. Tahun anggaran 2019 ini, bantuan bibit sawit yang sebelumnya pernah diberikan Pemkab Kuansing secara gratis kepada petani akan direalisasikan kembali.
Kepala Dinas Pertanian Emerson melalui Kabid Perkebunan Syaffinal kepada KuansingKita di ruang kerjanya, Selasa (29/1) mengatakan  untuk tahun ini Dinas Pertanian sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8,2 milyar untuk pengadaan bibit sawit. Anggaran itu untuk pengadaan bibit sebanyak 109.620 batang.
“ Sebelumnya ada media yang mengekspose alokasi pengadaan bibit sawit tahun ini 140.000 batang. Ini saya luruskan, sebenarnya 109.620 batang,” jelas Syaffinal
Syaffinal menambahkan, sama seperti sebelumnya, bibit sawit ini akan diberikan secara gratis kepada petani. Namun demikian, Dinas Pertanian akan mengevaluasi kembali kelompok tani yang akan menerima bantuan bibit sawit tahun ini.
Kepada KuansingKita Syaffinal juga membeberkan permasalahan bantuan bibit sawit yang terhenti tahun anggaran 2018 lalu. Menurutnya, bantuan itu terhenti karena alokasi anggaran bantuan untuk tahun anggaran 2018 lalu ikut dirasionalisasi.
Kebijakan rasionalisasi ulasnya membuat kepastian alokasi anggaran untuk pengadaan bibit sawit itu baru diperoleh setelah APBD Perubahan 2018. Sehingga bantuan terpaksa dibatalkan karena rentang waktu yang tersisa tidak memungkinkan untuk penyaluran bantuan.
“ Setelah APBD Perubahan baru diketahui alokasi anggaran.  Mengingat rentang waktu yang tersisa sempit sekali tentu tidak mungkin dipaksakan untuk menyalurkan bantuan. Sehingga terpaksa dibatalkan,” katanya
Tahun ini imbuh Syaffinal, dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) sudah diterima. Dan lagi tambahnya, tahun ini tidak akan ada rasionalisasi kegiatan. Sehingga penyaluran bantuan bibit sawit secara gratis kepada petani bisa digesakan.
“ Kini petugas lapangan tengah mengecek kesiapan lahan petani di lapangan. Nanti setelah proses administrasi tuntas, bantuan akan segera disalurkan,” pungkasnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...